BABAK BARU PENERIMAAN LAPORAN HASIL BELAJAR SISWA SMP ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG
Salah satu bentuk perubahan dari hasil kerja
sama antara SMP Islam Sultan Agung 1 dengan The Naff Management adalah
penerimaan Laporan Hasil Belajar Siswa. Penerimaan Hasil Belajar siswa sebelum kerja
sama adalah Laporan Hasil Belajar di Sampaikan kepada orang Tua Secara Klasikal
dan Individu yang diberikan secara langsung oleh wali kelas kepada orang tua/Wali
murid, sedangkan setelah kerjasama dengan The Naff Management, maka penerimaan Laporan
Hasil Belajar mengalami perubahan yaitu dengan menggunakan STUDENT LED
CONFERENCE (SLC)
Apa Student Led Conference (SLC)
Student Led Conference (SLC) SLC adalah sebuah konferensi dimana murid sendirilah yang menjelaskan segala hal yang telah mereka pelajari dan mereka lakukan dari awal tahun pembelajaran sampai akhir pembelajaran di semester 2 (dua) kepada orangtua/wali mereka masing-masing.
Apa yang
beda antara Penerimaan Laporan Hasil Belajar Siswa dari Wali Kelas ke Wali
Murid dengan SLC?
Penerimaan Laporan Hasil Belajar Siswa dari Wali
Kelas ke Wali Murid |
Penerimaan Model Student Led Conference (SLC |
Wali
murid bertanya perkembangan belajar siswa kepada wali kelas. Dalam hal ini
wali kelas harus memaparkan perkembangan belajar siswa kepada wali murid satu
persatu sejumlah murid. Dengan jumlah siswa yang banyak tentu ada hal-hal
yang terlewatkan dan mungkin hanya murid – murid yang mengalami hambatan saja
yang akan berkonsultasi |
Siswa mempresentasikan
proses belajarnya sendiri kepada orang tuanya mulai dari awal pembelajaran
sampai hasil yang di dapat, kendala dan hambatan apa yang dihadapi sampai
mendapat hasil yang tidak memuaskan dan hal menyenangkan apa yang membuat ia
memperoleh hasil yang memuaskan |
Komunikasi
hanya terjadi antara wali kelas dan wali murid |
Terjadi
komunikasi antara orang tua dan siswa. Adanya suasana keterbukaan dalam
berkomunikasi antara anak dan orang tua |
Wali Kelas mempertanggungjawabkan hasil belajar siswanya kepada orang tua siswa |
Siswa
mempertanggungjawabkan hasil belajar yang ia lakukan mulai dari awal sampai
akhir |
Hal ini mungkin menjadi pengalaman pertama bagi murid kami di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang dan pengalaman pertama pula bagi para orangtua mereka. Dari sinilah, murid banyak belajar tentang bagaimana cara presentasi yang tepat kepada orangtua mereka tentang materi-materi yang telah mereka pelajari selama ini, belajar bagaimana harus membuat arsip yang rapi yang berkaitan dengan seluruh pembelajaran mereka di sekolah, belajar untuk lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan kedua orangtua mereka. Hal yang terpenting sebagai pembelajaran bagi murid adalah belajar untuk mempertanggungjawabkan setiap hal yang telah dilakukan oleh murid dalam setiap pembelajaran yang ada di sekolah.
Melalui SLC, guru juga belajar banyak hal. Guru perlu menetapkan cara/ strategi yang tepat agar murid dapat mengarsipkan seluruh summative, formative dan project dengan rapi. Selain itu juga belajar bagaimana memberikan kesempatan yang besar agar murid dapat mengasah kemampuan berkomunikasi mereka dengan baik. Guru juga harus mengatur waktu dengan sebaik mungkin agar setiap pembelajaran bisa tetap berlangsung dengan baik dan murid pun telah dipersiapkan dengan sebaik mungkin untuk mengikuti kegiatan ini.
Seluruh proses SLC dipimpin oleh siswa. Siswa melakukan presentasi dan memimpin orang tua mereka mengelilingi kelas untuk melihat hasil karya mereka, dokumentasi kegiatan mereka di dalam kelas dan melihat fasilitas sekolah. Setelah selesai, siswa dan orang tua menulis refleksi sesuai dengan panduan yang telah diberikan.